15 July 2008

Membuat Sendiri Timing Light

Untuk mengetahui atau menyetel waktu pengapian (proses pembakaran dalam ruang bakar) pada kendaraan yang tepat diperlukan alat yang disebut Timing Light. Harga Timing light yang sudah jadi di pasaran sangat mahal dan beragam jenis. Alat ini mutlak dimiliki oleh bengkel-bengkel mobil. Sebenarnya waktu pengapian pada mobil ini bisa di setting/setel dengan menggunakan perasaan (felling), akan tetapi hasil yang diperoleh tidak akan maksimal bagi orang yang tidak biasa melakukannya.
Prinsip kerja dari timing light sebenarnya sangat sederhana, dimana pencahayaan berupa kilat-an/flashing diberikan pada indikator titik derajat pengapian yang berada pada roda gila kendaraan secara terus menerus, kilat/flashing tersebut bertepatan dengan proses pengapian pada busi/silinder No.1. sehingga titik idikator waktu pengapian akan tampak seperti berhenti meskipun titik tersebut sebenarnya sedang berputar. Dengan terlihatnya indikator tersebut, maka kita dapat dengan mudah untuk mengatur/menyetel waktu pengapian dengan cara memutar ditributor pengapian sehingga diperoleh waktu pengapian yang tepat.
Syarat dari pencahayaan tersebut harus memenuhi kriterian Cahaya tersebut harus cepat menyala dan harus cepat padam. Syarat ini bisa diperoleh dengan menggunakan pencahayaan yang ditimbulkan oleh lampu jenis Xenon. Lampu jenis xenon ini memiliki sifat-sifat tersebut di atas dan memiliki cahaya yang sangat terang.
Alat Timing Light ini sangat mudah untuk di buat karena merupakan rangkaian yang sangat sederhana, hanya mungkin untuk daerah-daerah tertentu akan sulit mendapatkan komponen lampu xenon-nya.







Rangkaian di ambil dari

0 comments: